07 May 2014

Sistem Terpusat dan Sistem Tersebar


1. Sistem Tersebar


Sistem terdistibusi (tersebar) merupakan sebuah sistem yang mainframe atau servernya berada pada masing-masing area dalam jaringan komputer. Sistem tersebar memungkinkan komputer untuk mengkoordinasikan kegiatan mereka dan berbagi sumber daya sistem, sehingga user menganggap sistem sebagai sistem tunggal. Sistem ini banyak diimplementasikan di dunia perbankan pada penggunaan ATM.



Figure 1. Sistem Tersebar Pada Automatic Teller Machine (ATM)

Cara kerjanya yaitu setelah kartu ATM dimasukkan kedalam mesin ATM, maka kartu akan dibaca oleh mesin. Kemudian mesin akan meminta data PIN (Personal Identification Number). PIN yang sudah diacak berikut isi data dari kartu akan dikirim langsung ke sistem komputer bank untuk diverifikasi. Setelah data selesai diproses di sistem komputer bank, maka data akan dikirim kembali ke ATM dan nasabah akan dapatkan apa yang yang dimintanya di ATM.
Berdasarkan cara kerja diatas, setiap kantor cabang yang berdekatan letaknya dengan   mesin ATM, memiliki mainframe untuk mengakses dan mengolah data nasabah. Semua mainframe terhubung dalam sebuah jaringan untuk melakukan sinkronisasi data. Hal ini dilakukan agar data-data yang ada di setiap mainframe sama, meskipun diakses dimanapun tempatnya.
Oleh karena itulah, ATM menerapkan sistem tersebar dikarenakan mainframe-mainframe tersebut memiliki kesamaan untuk melakukan pemrosesan yang serupa secara  mandiri.


2.      2. Sistem Terpusat

Sistem terpusat adalah sistem dimana seluruh data yang diolah diletakan pada satu mainframe (server) sebagai pusatnya, sedangkan komputer lain hanya berfungsi untuk input/output data saja.
Figure 2. Sistem Terpusat

Layanan penjulan tiket kereta api adalah salah satu contoh sistem terpusat. Dimana satu mainframe (server) digunakan sebagai tempat menyimpan data dan informasi mengenai semua kegiatan dan rekaman data pemesan tiket kereta api. Penjual tiket yang berada di berbagai tempat penjualan, dapat memasukkan data pemesanan tiket dan mencetak hasilnya, atau pelanggan dapat memesan secara langsung melalui internet. Sehingga sistem ini juga disebut dengan sistem multiuser. Sedangkan yang tersentralisasi dalam sistem ini yaitu DBMS (Database Management System).


Referensi:
Kadir, Abdul. 2003. Pengenalan Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.
Stair, M. Ralp, and Reynolds, George Walter. 2012. Fundamentals of Information System. Sixth Edition. Boston: Course Technology.
www.cs.ucl.ac.uk/staff/ucacwxe/lectures/ds98-99/dsee3.pdf, dalam “Distributed System Principle”. Akses terakhir 2 Maret 2013, pada 03.50.

3 comments:

  1. bagus mas blognya kebetulan saya lagi ada tugas makalah tentang ini hahahaha

    ReplyDelete
  2. sip, aku suka sama Blog ini,
    menghargai karya orang.

    ReplyDelete
  3. kalau untuk contoh sistem terpusatnya apa?

    ReplyDelete